Blinkie Graphics Generator at TextSpace.net

Jumat, 18 Oktober 2013

Tugas minggu ke-2 "Etika Profesi Akuntansi"

Etika Profesi Jurnalis

1. Etika Kesopanan dalam Mewawancarai Narasumber.
Cotohnya : Tidak menyodorkan mic terlalu dekat muka sehingga menghalangi penglihatan narasumber yang berkaitan. Menggunakan cara-cara yang etis untuk memperoleh berita, foto dan dokumen.

2. Etika Menghormati Hak Masyarakat.
Contohnya : Memberikan informasi sesuai fakta/kenyataan yang sedang terjadi, tidak mengurangi ataupun menambahkan berita yang tidak benar, serta tidak menyembunyikan informasi penting yang perlu diketahui masyarakat.

3. Etika Keterbukaan pada Masyarakat untuk Memberikan Tanggapan.
Contoh : Memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan beberapa kritik dan saran yang dapat membangun dan mengembangkan berita tersebut menjadi lebih baik lagi.

4. Etika dalam Penyajian Berita.
Contoh : Tidak menyebarluaskan berita yang masih diragukan kenyataan dan kejelasan sumbernya. Tidak menjiplak hasil informasi dari jurnalis lainnya.

5. Etika Meralat Pemberitaan yang Tidak Akurat.
Contoh : Segera mengklarifikasi berita yang diketahui tidak benar/tidak sesuai dengan kenyataan.

6. Etika dalam menjaga Hak Azazi Seseorang.
Contoh : Menghormati hak privasi seseorang kecuali hal tersebut bisa merugikan masyarakat. Menghindari fitnah dan pencemaran nama baik.

7. Etika dalam Tindakan Pribadi.
Contoh : Tidak memanfaatkan posisi dan informasi yang dimiliki untuk mencari keuntungan yang sifatnya personal, seperti mengancam untuk menyebarkan berita dengan meminta sejumlah uang kepada narasumber.

8.Etika Menjaga Kerahasiaan Sumber Informasi.
Contoh : Tidak membeberkan identitas dan informasi penting korban dan pelaku tindak pidana dibawah umur, serta korban seksual dan pelanggaran asusila lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar